Sabtu, 20 April 2013

SAYUR PUTUT


Bicara tentang makanan favorit. Banyak makanan lezat diluar sana, namun bagi saya ini adalah salah satu makanan favorit. Sayur putut, itu sebutannya buat makanan yang satu ini. Putut adalah bunganya daun bawang atau nama ilmiahnya Garlic chives. aromanya yang sangat khas seperti daun bawang, bagian yang digunakan adalah batangnya sedangkan bunganya dibuang. Batangnya ini lebih keras dibandingkan dengan daun bawang. Putut ini dimasak tumis dengan bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, garam dan gula  pasir.


Makanan favorit saya ini tergolong langka untuk dijumpai. Saya saja menjumpainya hanya di pasar dekat rumah nenek saya di kabupaten Karanganyar. Rumah beliau tergolong daerah dataran tinggi, sehingga memungkinkan tanaman ini hanya tumbuh di daerah dataran tinggi. Rasanya yang khas dan lezat inilah yang membuat makanan ini selalu saya rindukan bila berkunjung ke rumah nenek.

Tidak ada komentar: