Kamis, 02 Mei 2013

GRADUATION MOMENT


Perasaan akan wisuda (24/04) saat itu senang sekali, penuh rasa syukur yang saya panjatkan kepada Allah SWT. Penantian setelah hampir satu tahun mengerjakan skripsi sebagai tugas akhir akhirnya berujung juga dengan wisuda ini. Orangtua datang dengan penuh kebahagiaan menghadiri prosesi wisuda bukankah hal yang membahagiakan bagi setiap mahasiswa yang wisuda tentunya.

Persiapan ceremonial wisuda dimulai satu hari sebelum acara dilaksanakan. Persiapan untuk acara wisuda  adalah gladi bersih. Gladi bersih yang dijadwalkan juga terbagi menjadi dua sesi, yang pertama dilsayakan pada pukul 10.00 WIB di gedung Prof. Soedharto untuk prosesi wisuda Universitas dan yang kedua pada pukul 14.00 WIB di gedung LPPU untuk prosesi Yusidium Kelulusan (bukan wisuda fakultas loh ya...). disini kita calon wisudawan dan wisudawati diberikan arahan selama prosesi wisuda berlangsung. Mulai dari cara jalan, duduk, bersalaman dan segala aksesorisnya, hihi pokoknya resmi beud lah (hmm... kebiasaan nyantai jadi alayyy gini dah).

Nahh....hari wisuda pun tiba
Eng ing eng...kegiatan saya mulai dari pukul 04.00 WIB. Yahh karena ada prosesi pra wisuda yang dilaklukan buat para wisudawati, apalagi kalau bukan dandan. Setelah selesai mandi, solat dan makan saya pun  melakukan prosesi dandan di kos teman saya bersama perias yang kita panggil Bude. Saat dandan yang saya lsayakan hanya mingkem biar gak kemasukan bedak, memejamkan mata agar tidak kelilipen dan melek hanya saat memakai eyeliner. Dan....hasilnya menakjubkan, manglingi boo seperti bukan saya. Yapz, kagumnya sudah dulu karena jam sudah menunjukkan pukul 06.00 WIB. Itu tandanya saya haru bergegas menggunakan baju kebesaran wisuda (baca: toga) beserta aksesorisnya berupa kalung dan samir berwarna serta cokelat. Setelah semuanya selesai dan jam sudah menunjukkan pukul 07.00 WIB yang artinya saya terlambat dari jadwal yang sebenarnya yaitu pukul 06.30 WIB berangkatlah saya keluarga menuju gedung LPPU karen pagi ini akan diawali dengan prosesi Yusidium Kelulusan. 


Yusidium Kelulusan
Prosesi pra acara yang dilsayakan disini yaitu absen wisudawan dan wisudawati, absen orangtua dan pemotretan. Pemotretan, hmm...prosesi yang menyenangkan untuk saya. Walaupun ada yang mengatakan saya narsis, namun tidak menyurutkan bakat narsis saya. Bukan maksud apa-apa, selain untuk koleksi pribadi foto-foto ini juga untuk bahan bercerita kepada anak cucu saya. Eitz....ayah dari anak sekaligus kakek untuk cucuku saja belum ada bagaimana mau bercerita, hihi... okeh fokus.

Sesi pemotretan selesai, lanjut ke sesi baris-berbaris sebelum memasuki ruang Yusidium Kelulusan. Setelah berbaris rapi dilanjutkan barisan wisudawan dan wisudawati memasuki ruangan acara. Wuih... semua mata tertuju pada saya dan pada calon wisudawan lainnya. Sampai ditempat duduk prosesi kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia serta rangkaian acara lainnya. Rangkaian acara yang sangat mengharukan bagi saya adalah saat saya bersam kedua orangtua maju ke atas podium untuk menerima plakat kelulusan, transkrip nilai dan sertifikat aktivis mahasiswa. Itulah menurut saya puncak dari prosesi acara ini walaupun belum dilantik sebagai seorang sarjana karena pelantikan sebagai sarjana ini akan dilakukan oleh rektor. Prosesi selanjutnya pun dilakukan hingga selesai kemudian dilanjutkan dengan sesi pemotretan lagi bersama teman-teman sejurusan. Prosesi Yusidium Kelulusan selesai dan dilanjutkan dengan wisuda Universitas yang sebelumnya diberi waktu istirahat hingga pukul 12.30 WIB.
Wisuda Universitas ke 130 Universitas Diponegoro
Prosesi wisuda Universitas dimulai pada pukul 12.30. Tidak ada yang berbeda dari prosesi Yusidium Kelulusan, hanya saja pesertanya yag lebih banyak karena wisuda kali ini bersama fakultas teknik dan fakultas kedokteran. Selain itu tidak ada pula prosesi maju ke podium bersama orang tua untuk bersalaman dengan rektor.

Setelah selesai prosesi wisuda universitas ini maka selesailah rangkaian prosesi wisuda dan yusidium kelulusan pada periode kali ini. Selanjutnya acara foto-foto bersama teman-teman seperjuangan di icon fakultasku yaitu di patung sapi dan foto bersama adik-adik kos.





1 komentar:

Fianda Briliyandi mengatakan...

Mantap
Kunjungi ittelkom-sby.a.id